Bang Zega, Pemimpin yang Begitu Menginspirasi

Pertama kali bertemu saya sempat ragu. Seorang Kepala Balai Diklat yang perawakannya kecil. Tetapi perawakan tak menentukan jiwa beliau yang sangat besar. Karena faktanya, seorang pemimpin bukanlah dilihat dari fisiknya, melainkan dari jiwanya. Dan Bang Zega, sungguh orang yang inspiratif, kontroversional, dan berjiwa besar.

Setiap cerita hidupnya sungguh sangat memotivasi. Setiap apa yang dilakukannya sungguh inspiratif. Dan setiap gurauannya selalu kontroversional. Namun itu semua membuatnya menjadi seorang yang sangat dihormati dan disegani. Bang Zega merupakan seorang pemimpin. Pemimpin yang benar-benar pemimpin, bukan hanya teori. Dia bisa menjadi bapak, bisa menjadi teman, bisa pula menjadi atasan. Bang Zega selalu mampu menempatkan dirinya di posisi yang tepat.

Bang Zega, beBang Zega(kanan) dan Diri sendirirangkat dari kehidupan yang keras, berhasil menempa diri menjadi orang yang tangguh dan telah mampu menaklukkan dunia yang keras ini. Beliau selalu saya jadikan inspirasi ketika saya mengalami kesusahan. Beliau lah yang tiap perkataan, dan bahkan gurauan, selalu memberikan arti tertentu. Terkadang tiap permainannya selalu memiliki makna tersirat. Entah mau bagaimana lagi saya menjelaskan tentang Bang Zega. Terlalu banyak tulisan ini jika harus saya ulas satu per satu.

Sayang beribu sayang, namun sangat dapat dimaklumi, beliau sangatlah sibuk dengan urusan dinas. Namanya juga Kepala Balai. Memberikan sedikit waktunya untuk kita semua saja sudah merupakan sebuah perjuangan. Menit-menit bersama beliau selalu berharga dan selalu dapat diambil tiap manfaatnya. Ciri khas yang selalu dapat diingat merupakan sebuah sarana untuk menyimpan beliau di lubuk hati dan di memori jiwa.

Satu yang sangat berkesan pengalaman bersama Bang Zega adalah ketika berfoto bersama satu kelas. Dan tiba giliran di mana kita foto satu per satu bersama Bang Zega secara bergiliran. Saya mengira pada bagian foto ini akan menjadi sebuah momen foto berdiri tegak dengan senyum seperti foto bersama seorang Kepala pada umumnya. Namun saya salah. Bang Zega selalu memberikan kejutan. Dia menjadi seorang teman di saat seperti ini. Teman yang tiada batas dan seolah lupa bahwa dia seorang Kepala. Dia merangkul kami semua.

Yang saya dapat bersama Bang Zega adalah foto gaul seperti foto bersama kawan karib. (Bisa di lihat di atas). Sungguh di sini saya bisa melihat pesona beliau, yang meskipun beliau merendah dan membuat dirinya sejajar bersama kami, tapi beliau tetap dihormati dan selalu nampak jauh lebih bijaksana dibanding kami. Inilah yang sangat sulit dilakukan oleh banyak pemimpin yang saya temui selama ini.

Masih banyak pengalaman bersama Bang Zega. Saya rasa hampir tiap orang mengetahui pesonanya. Momen-momen penting bersama beliau salah satunya ketika mendapatkan kuliah umum darinya. Kuliah umum ini bukanlah suatu hal yang main-main dan membosankan. Bukan. Bang Zega, sekali lagi mampu membuat semua orang tertawa sembari mendapat suatu ilmu yang luar biasa. Apa yang disampaikan dan ingin diberikan ditampilkan dengan cara yang berbeda. Begitulah Bang Zega menghipnotis kita semua.

Bang Zega pula yang menyadarkan saya arti nasionalisme dan memberitahu bagaimana cara mencintai bangsa dengan benar. Entah bagaimana beliau melakukannya, namun beliau berhasil menyisipkan nilai-nilai itu di setiap upacara bendera, kuliah umum, dan kuliah biasa. Bang Zega, memang seorang pemimpin sejati.

Advertisements

2 thoughts on “Bang Zega, Pemimpin yang Begitu Menginspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s