Ujian Kejujuran

Ujian terberat dalam tes kejujuran bukan pada godaan untuk tidak jujur.
Melainkan kita sudah jujur, tapi hasil yang kita dapat jauh dari yang kita harapkan.
– Bapak Amston Sipahuntar, Dosen KUP –

Mungkin itu kata-kata yang tepat untuk pengalaman saya kemarin. Saya mendapat nilai terjelek untuk mata kuliah PPh. Padahal saya sudah belajar, jujur, dan berdoa. Tapi apa daya itulah hasil yang saya dapat. Hanya 79. Padahal teman-teman lainnya mendapat diatas 80.

Apakah saya merasa paling bodoh? tentu TIDAK. Ini baru awal. Justru saya merasa termotivasi atas apa yang saya dapatkan. Bagai cambuk, saya harus bekerja lebih keras. Terkadang saya memotivasi diri, begini. “Disini saya mencari ilmu, bukan nilai”. Tapi teman saya menyahut, “Iya bukan nilai, tapi nilai hancur ya di D.O”, membuat saya benar-benar mendapat motivasi untuk hancur.

But, wait, dosen KSPK selalu berkata bahwa otak dan tubuh ini dalam satu sistem neuron. Jika kita selalu berpikir tentang gagal, maka secara langsung kita menyuruh tubuh ini untuk gagal. Maka, saya ubah mindset ini, nilai 79 adalah awal untuk mendapat nilai 99. LOL. But, how I can get it?

Ya, itu adalah Visi jangka pendek saya. Mendapat nilai minimal B+ untuk semua mata kuliah. Bagaimana kiat-kiatnya?

Waktu saya sekarang saya habiskan untuk belajar kelompok bersama teman-teman. Dan belajar sendiri di saat tidak ada jadwal belajar kelompok. Sedikit refresing dengan facebook dan coret-coret disini. Sebagai mahasiswa calon punggawa keuangan bangsa, saya harus kuat. Saya harus bisa bersaing dengan lainnya. Saya harus bisa memberi yang terbaik. Dengan KEJUJURAN. Karena, kejujuran adalah hal paling penting dalam setiap perjalanan hidup. Kejujuran adalah harga mati.

Banyak dosen bilang. “Bangsa ini tak butuh lagi orang pintar, bangsa ini butuh orang JUJUR”

Maka dengan tekat kuat, saya akan berusaha!!

Leave a Reply

